Anies Baswedan, Foto google

“Ketika kita berbicara Generasi Pembelajar maka jangan kita membayangkan kita membentuk dan mencetak generasi pembelajar, anak-anak kita lahir sudah menjadi pembelajar. Kalau bicara tentang tempat menumbuhkan potensi anak-anak, menumbuhkan karakter pembelajar, Ki Hadjar Dewantara mengistilahkan dengan sebuah taman yang di sana ada tanaman yang tumbuh.”
-          Anies Baswedan -        

Ada tiga pusat pendidikan yang biasa kita sebut tri pusat pendidikan. Kita yang menjadi pendidik, orang tua, sekolah, dan masyarakat sangat diharapkan bisa memberikan ruang pada generasi penerus kita. Kita berikan mereka kesempatan untuk mendapatkan pendidikan. Tidak hanya pendidikan dalam kelas, pendidikan di luar kelas dengan metode yang berbeda, suasana yang berbeda, materi yang berbeda dan senyum yang berbeda. Para generasi penerus kita sangat berhak atas usaha realisasi cita cita yang mereka rencakan. Pilot, dokter, guru, polisi dan cita cita mereka yang lain. Langkah awal yang sangat realistis dan efisien adalah cetak mereka menjadi generasi pembelajar. Rangsang mereka tidak pernah puas akan pencapaian ilmu mereka, prestasi mereka, kebaikan mereka dan harapan mereka. Begitu bangsa kita memiliki generasi pembelajar maka mereka bisa dikatakan siap untuk menghadapi masanya dan bermakna di masanya. Dan yang tidak kalah penting, Indonesia saat ini sedang dihadapkan pada masalah integritas. Karena itu mulai sekarang kita bukan saja memastikan anak-anak tumbuh menjadi pembelajar tapi harus ada karakter berintegritas. 
Dalam Ujian Nasional (UN) di setiap jenjangnya (SD, SMP, SMA), tidak hanya capaian akademisnya yang kita lihat, tapi juga integritasnya. Bayangkan, jika sekolah kita menjadi lahan subur bagi pelaku kecurangan, tinggal menunggu waktu, generasi Indonesia yang akan datang penuh korupsi dan kecurangan, tapi jika ruang-ruang kelas hari ini, sekolah kita, menjadi sekolah-sekolah yang bersih, menjadi sekolah-sekolah yang jujur, menjadi sekolah-sekolah yang sarat akan integeritas, maka kita akan pastikan Indonesia masa depan adalah Indonesia yang berintegritas, Indonesia yang bersih dan Jujur
Karena itu tanggung jawab kita sekarang membangun integritas jadi anak yang tangguh, pembelajar, dan Insya Allah Indonesia masa depan adalah indonesia yang gemilang untuk semuanya. Sekarang saatnya, para calon inspirator bangsa dari berbagai profesi, guru, pilot, polisi, dokter, jurnalis, wirausahawan, pegawai negeri, hakim, petugas kebersihan dan berbegai profesi lainnya, mari kita menginspirasi, mencetak generasi pembelajar. Dimulai dari lingkup kecil, Sekolah Dasar.

Kelas Inspirasi madiun siap menjadi garda terdepan dalam proyek besar ini. sehari mengajar, selamanya menginspirasi. Mari kita sukseskan proyek besar ini, kita ambil peran, kita mengajar dan kita menginspirasi. (fauzi)